Membongkar Pasang Transmisi Manual Dan Sistem Pengoperasiannya


a.  Tujuan Kegiatan Belajar 3
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, diharapkan siswa dapat:
1)  Membongkar dan memasang transmisi manual dan sistem pengoperasiannya.
2)  Menguji kinerja transmisi manual dan sistem pengoperasian-nya.
3)  Bekerja menggunakan SOP dan keselamatan kerja dengan benar.


a.  Uraian Materi 3

Pada kegiatan belajar ini akan membahas proses pembongkar-an transmisi dari kendaraan dan proses pemasangan kembali. Proses ini standardnya hanya memerlukan waktu 1 jam, sementara untuk latihan diberi toleransi waktu ½ jam atau seluruhnya menjadi 1½ jam. Prosedur yang perlu dilakukan secara berurutan akan dibahas berikut ini.

1). Langkah Persiapan

Sebelum melakukan proses pembongkaran, perlu dipersiapkan alat dan perlengkapan yang diperlukan. Hal ini agar waktu yang diperlukan tidak hilang karena harus mencari alat atau perlengkapan.

Alat dan perlengkapan yang diperlukan adalah:

a)           Dongkrak mobil dan  penyangga/jack stand

b)           Dongkrak transmisi seperti gambar 15  berikut ini.

Dongkrak ini jenis hidrolis, namun ada juga yang meng-gunakan ulir. Alat ini menjadi sangat penting dalam pembongkaran maupun pemasangan transmisi. Sebab posisi dan masa transmisi akan menyulitkan proses pemasangan ataupun pembongkaran. Disamping itu keselamatan pekerja akan sangat bebahaya tanpa dongkrak ini, dan juga ketepatan pemasangan transmisinya.
Mobil kijang sebagai bahan pelatihan.
a)  Kotak alat yang berisikan kunci yang diperlukan
b)  Lampu kerja untuk penerangan mengingat posisi transmisi yangcenderung dibawah kendaraan.
c)  Pompa pengisi minyak pelumas transmisi dan minyak pelumasnya.
d)  Bak penampung minyak pelumas yang lama.
e)  Vet gravit dan kain lap/majun.

f)  Lepaskan motor starter, yaitu lepas kabel-kabelnya dan baut pengikatnya.
g)  Keluarkan minyak pelumas transmisi, dengan membuka baut tap, dan siapkan bak penampung minyak pelumas. Sesudah habis, pasang kembali baut tap dan singkirkan bak penampung minyak pelumas, jangan sampai tumpah. Kalau tumpah bersihkan dulu.
h)  Lepaskan sambungan keporos propeller, supaya saat pemasangan tidak keliru beri tanda sebelum dilepas. Seperti terlihat pada gambar 16.
i)  Lepaskan kabel speedometer dan kabel lampu mundur dari terminalnya.
j)  Lepaskan kabel kopling dari tuas pembebasnya. Lihat gambar 17.
k)  Lepaskan pegangan dan klem knalpot yang berhubungan dengan transmisi. 
l)  Pasang dongkrak transmisi dengan baik, bila perlu ikat dengan baut atau rantai yang tersedia. Hal ini untuk menghindari transmisi jatuh saat baut pengikatnya dilepas. Perhatikan gambar 20 berikut
 m)  Lepaskan mounting transmisi.
n)   Kendorkan baut pengikat rumah transmisi. Perhatikan apakah transmisi tetap pada posisi datar atau tidak, bila miring seperti gambar 20, maka naikkan dongkraknya.
o)     Bila transmisi sudah posisi datar dengan benar, maka lepaskan baut pengikat transmisi. Sekali lagi perhatikan posisi datar transsmisi.
p)     Tarik transmisi kearah belakang mobil, sampai ujung poros pirmer transmisi lepas, dan selanjutnya turunkan pelan2 dongkrak transmisi sampai diperkirakan saat ditarik keluar dari bawah mobil tidak menyangkut.
q)   Turunkan transmisi dari dongkrak.