Minggu, 20 November 2011

Kompresor AC mati



Apa jadinya jikalau tiba-tiba AC di rumah atau di kantor anda mati/rusak..!?dan apa yang akan di lakukan...!apakah seperti gambar di samping ini masuk kedalam lemari es untuk mendinginkan panasnya tubuh anda..hehehe *just kidding*, Postingan AC akhirnya bisa di muat lagi nih terinspirasi sewaktu berkunjung ke salah satu Pabrik swasta di Cikarang (nama PT Di rahasiakan) padahal belum tiba waktunya untuk Maintenance AC di pabrik tsb tapi kondisi ruangan tidak dingin sama sekali salah satu penyebabnya 3 unit AC mati, alhasil para pegawainya menjadi tidak konsentrasi dalam berkerja karena sibuk mengelap keringat dan kipas-kipas untuk menghilangkan panas. setelah di check kondisi AC yang mencangkup Indoor dan outdoor AC ternyata kompresor AC overload karena kondensor sangat kotor sekali dan kisi kisi nya nyaris tertup oleh debu sehingga hawa panas dari kompresor tidak dapat terbuang. Arus kompresor menjadi tinggi dari ukuran normal. misalnya AC 1 PK ukuran standar 4 amp menjadi 7-8 amp.

Bila di temukan gejala kerusakan AC yang seperti ini jangan dulu di vonis kompresor AC rusak tapi coba lakukan hal yang mudah dulu :
1. Lepaskan power AC dan buka cover outdoor
2. Dinginkan kompresor dengan kain lap basah
3. Bersihkan Evaporator dengan air bertekanan
4. Ganti kapasitor kompresor sesuai dengan ukuran AC nya.
5. Pasang kembali power AC dan hidupkan AC

Di lihat dulu hasilnya dengan melakukan pengecekan amper dan tekanan freon apakah sudah kembali normal seperti semula, jika outdoor ac bisa hidup lagi berarti AC anda terselamatkan dari kerusakan fatal akibat kompresor rusak karena kelebihan beban (overload), jika sering terjadi kerusakan seperti ini yang di sebabkan kurangnya perawatan AC maka lama kelamaan kompresor pun akan cepat rusak. JAdi biasakanlah melakukan perawatan AC minimal 3-4 bulan sekal