Minggu, 20 November 2011

Cara mengganti kompresor



Kompresor merupakan jantungnya AC bila kompresor mati maka AC tidak akan berfungsi untuk mendinginkan ruangan.

Cara menganti kompresor
Alat alat yang di butuhkan
1.alat pengelasan yaitu tabung camping gas dan tabung oxigen, berikut kawat las (perak)
2.flarring (alat pengembang pipa) , cutting pipa
3.kunci ring 12-13


Sebelum anda melakukan pengelasan anda harus membuka semua tutup body/cover outdoor agar hawa panas akibat pengelasan tidak mengenai compressor. bila anda belum mempunyai alat las bisa juga menggunakan camping gas namun proses pengelasannya agak lama lebih cepat dengan las acetylin di campur dengan gas LPG kalau dulu masih dengan campuran karbit.
lepaskan sambungan pipa pada kompresor dengan cara di panaskan memakai alat las, setelah melepaskan dua buah sambungan pipa pada kompresor, lepaskan tiga buah mur yg berada pada bagian bawah kaki compressor dengan menggunakan kunci ring atau pas ukuran 12-13.
setelah melepaskan tiga buah mur pada kaki kompresor, angkat kompresor keluar dari dudukannya.
penggantian compressor harus sesuai dengan type label yg berada pada body compressor, atau bisa juga diganti dengan dasar persamaan kapasitas pendinginan.
Misalnya : Kompresor changhong 1 pk bisa diganti dengan kompresor merk lain ukuran 1 pk juga, walaupun terkadang ada perbedaan pada kaki kompresornya dengan kompresor yang akan kita ganti sehingga baut pada lubang dudukan pada kaki compressor tidak sama hanya dapat dipakai 1 atau 2 buah saja atau bisa juga kita buat dudukan kaki kompresor yang baru.
sebelum kompresor baru kita pasang bersihkan avaporatornya gunakan pembersih AC, untuk bagian dalam pipa bersihkan dengan R11 (flashing) sebutan tukang AC. jangan lupa untuk mengganti pipa kapiler dan filter/saringan.
Perhatikan terminal compressor (s c r) sebelum di pasang kabelnya bisa anda lihat pada tutup terminal kompresor.
atau anda bisa juga dengan mengukur 3 buah terminal kompressor tersebut dengan sebuah multitester.
caranya adalah sebagai berikut :
posisikan multitester pada skala ohm x 10 ukur semua tahanan ketiga terminal compressor sampai menemukan tahanan yg terkecil, bila sudah anda dapatkan tahanan yg terkecil, satu terminal yg tidak tersentuh probe tester itu adalah (s) atau starting yg dihubungkan dengan running capasitor, pencarian (r) nya ukur dari terminal (s) dengan terminal lainnya, tahanan yg terbesar adalah (r) yg juga dihubungkan dengan running capasitor dan 1 line listrik dan tahanan yg terkecil adalah (c) yg dihubungkan ke over load dan kontak langsung ke line listrik.
setelah kompresor, saringan dan pipa kapiler sudah terpasang dan nepel nepel pipa instalasi juga sudah terpasang pada kran pulve, lakukan pemakuman dengan mesin vakum sampai minus 30 gunanya untuk membuang sisa udara yang terjebak di dalam kompresor ataupun pipa instalasi. setelah di vakum kita akan mengisi freon, caranya pasang selang manifold warna biru pada pentil Pipa hisap (pipa besar) dan selang warna kuning pada tabung freon. buka kran pada tabung freon dan putar manifold berlawanan jarum jam.
lakukan pengisian freon sambil melihat amper kompresor pada tang amper, jangan melebihi kapasitas amper kompresor, lakukan pengisian freon dengan buka-tutup kran agar freon dapat masuk dan tidak membuat klep kompresor rusak. ukuran freon normal 70-90 psi bila kompresor masih baru, sesuaikan dengan amper yang tertera pada name plat kompresor
oke selamat mencoba,,